Home » Apa Itu Website? Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Apa Itu Website? Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

penertian jenis dan manfaat website

Meskipun internet di Indonesia sudah berkembang pesat. Dan semakin banyak juga informasi soal website. Bahkan setiap hari banyak yang mengaksesnya, namun tidak sedikit yang belum tahu apa itu Pengertian Website?

Mungkin salah satunya Anda bukan? Padahal sudah berinteraksi dengan website setiap harinya. Hanya saja belum tahu apa itu pengertian website. Tidak apa-apa lewat artikel di bawah ini Anda akan tahu informasi seputar website mulai dari pengertian hingga manfaatnya.

Apa Itu Website?

Apa itu website? Jadi website merupakan sebuah halaman web pages di suatu domain pada internet. Adapun tujuan dibuatnya sebuah website selain untuk saling berhubungan, juga memberikan informasi yang bisa di akses dengan jangkauan luas, lewat halaman depan atau home page memakai browser dengan menggunakan URL atau alamat website.

Sebagai contoh apabila akses website maka akan menampilkan halaman depan depan website yang menampilkan tulisan, gambar, atau video. Konten yang ditampilkan sesuai dengan tema website tersebut. Sebagai contoh youtube akan menampilkan banyak konten video daripada tulisan, sedangkan pinterest akan banyak menyajikan gambar daripada tulisan.

Jenis-jenis Web di Indonesia

Seperti yang sudah disinggung di atas, kalau website adalah platform atau media yang menampilkan informasi. Pada awal kemunculan, informasi yang dimunculkan hanya berupa teks saja. Namun dengan seiring dengan perkembangan website, informasi yang ditampilkan ada bermacam-macam mulai dari gambar, video dan lain sebagainya.

Berikut dibawah ini beberapa jenis atau contoh Website, diantaranya:

  1. Website Pribadi

Sekarang ini sudah banyak berbagai macam layanan yang bisa Anda pakai untuk membuat website pribadi. Dari yang gratis hingga dengan layanan yang berbayar. Bagi yang gratis misalnya www.namawebsite. blogspot .com. atau namawebsite. wordpress. com

Dengan website gratis, tidak di anjurkan untuk mempunyai konten lengkap seperti adanya banyak gambar maupun video. Pasalnya yang gratis hanya memberikan resource yang terbatas.

Selain itu, website pribadi yang gratis juga akan sulit bersaing dengan kompetitor lainnya di mesin pencarian Google. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk Anda untuk membuat website yang berbayar, melalui layanan penyedia domain dan hosting.

  1. E-Commerce

Bagi masyarakat yang mengikuti perkembangan internet pastinya tidak asing lagi dengan toko online atau pasar. Website e-commerce sekarang memberikan tempat untuk jual beli baik itu kondisi baru maupun second, merk ternama sampai tidak ada mereknya pun ada. Jadi dapat dibilang apapun sebuah website yang menyediakan fasilitas bertransaksi bisa di masukan ke dalam kategori website e-commerce.

  1. Media

Berbagai macam informasi terbaru yang dirilis dengan cepat dan akurat, hasil riset kolom opini, survei terbaru sampai dengan wawancara dengan toko yang ditampilkan pada sebuah website merupakan jenis website media. Untuk profitnya sendiri biasanya dari iklan.

  1. Hiburan

Kalau website hiburan biasanya apapun berhubungan dengan konten film, musik, dunia selebriti, komik, video game dan lainnya yang dijadikan konten utama dari blog atau website hiburan.

Bisa dikatakan kalau website hiburan dan media keduanya mempunyai kesamaan terutama dalam menyajikan informasi terkini. Bedanya website hiburan mengutamakan aspek kesenangan.

  1. Organisasi

Website organisasi merupakan sebuah situs yang menjadikan semua program yang ditawarkan oleh suatu organisasi atau instansi terkait.

Misalnya instansi pendidikan, pemerintahan, sampai dengan LSM atau non profit. Konten yang dipublikasikan selain di peruntukan untuk calon pegawai atau pegawai juga di peruntukan untuk khalayak umum.

Manfaat Website dan Contohnya

Setelah Anda tahu apa itu website dan jenisnya. Sekarang lanjut ke pembahasan manfaat website. Penasaran? Mari simak ulasannya dibawah ini.

  1. Bangun Personal Branding

Kita mulai dari manfaat website pribadi. Website ini berguna sebagai personal branding. Artinya Anda dapat membangun personal branding yang kuat dan terpercaya.

Anda bisa melakukan share hasil karyanya di website tersebut. Entah itu foto, lukisan, tulisan, musik, gambar, sampai dengan desain grafis.

Anda dapat membangun personal branding yang profesional dan terpercaya dengan menggunakan media website.

  1. Share Informasi dan Cerita

Pasti diantara Anda sudah pernah mendengar cerita Raditya Dika dan kisah perjalanan Tranity Traveler bukan? Nah keduanya merupakan seorang blogger yang sukses bermodalkan berbagai cerita lewat media website.

Jadi, Anda dapat mengikuti jejak mereka dengan memulai membuat blog. Dengan dengan blog Anda bisa share informasi atau cerita apa saja. Dari teknologi, keuangan, travelling, kuliner sampai dengan parenting.

  1. Menghasilkan Uang

Ada berbagai macam metode untuk menghasilkan uang dengan memakai website. Anda dapat menjadi seorang blogger maupun influencer. Atau bisa juga memperoleh banyak endorsement,

Selain itu Anda juga dapat mendaftarkan website ke Google AdSense untuk memperoleh uang dari iklan Google.

Anda juga dapat memulai program affiliate marketing untuk mendapatkan uang dari website. Jadi tugas Anda sebagai affiliate marketer adalah mempromosikan produk atau jasa dari sebuah perusahaan lain melalui website Anda. Nantinya Anda akan memperoleh komisi, jika Anda calon pembeli yang membeli produk atau menggunakan jasa perusahan tersebut melalui website Anda.