Ada banyak cara ditempuh oleh para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk mereka.
Nah, dimasa serba digital ini, selain menggunakan sosial media, Anda bisa menggunakan website untuk mempromosikan produk supaya laris manis diborong konsumen.
Kenapa Menggunakan Website untuk Promosi?
Ada beberapa poin penting yang menjadi landasan kenapa website sangat digemari untuk digunakan sebagai media promosi produk.
1. Efektif dan Efisien
Tahukah Anda dewasa ini ada sekitar 4,66 miliar pengguna aktif internet?
Dengan jumlah pengguna internet yang masif tersebut, tentu saja memberikan peluang besar bagi pemilik bisnis untuk bisa menjangkau audiens via website.
Maka dari itu dikatakan bahwa website cukup efektif untuk promosi produk.
2. Relatif Ekonomis
Ada dua jenis promosi yang dapat digunakan saat ini, yaitu promosi konvensional dan promosi digital.
Promosi konvensional meliputi pemasangan spanduk, baliho, penyebaran flyer, dan lain sebagainya.
Cara tersebut memakan sangat banyak biaya, waktu, dan tenaga.
Untuk mencetak satu spanduk saja bisa menghabiskan dana sebesar Rp 60.000,00.
Bila pemasangannya di 10 titik berbeda dana yang dikeluarkan bisa mencapai Rp 600.000,00.
Belum lagi biaya perizinan daerah dan pemasangannya, Anda jelas harus merogoh kocek jutaan rupiah.
Bandingkan dengan website, mulai dari ratusan ribu, Anda sudah bisa melakukan promosi selama satu tahun dan menjangkau jutaan orang di seluruh dunia.
3. Mempermudah Branding
Branding adalah proses membangun kesadaran dan kepercayaan masyarakat atas brand Anda.
Website akan membantu Anda dalam proses branding sebab bisnis Anda akan terlihat lebih kredibel.
4. Menaikkan Keuntungan
Selain sebagai media promosi, Anda juga dapat melakukan penjualan langsung dari website.
Karena dapat menjangkau lebih banyak audiens yang berperan sebagai calon konsumen, artinya website dapat memberikan peluang konversi penjualan yang lebih besar.
Konversi penjualan yang lebih besar tentu saja berarti keuntungan yang lebih besar.
Cara Promosi Produk dengan Website
Setelah mengetahui alasan dibalik pemakaian website sebagai media promosi, kini kami akan memaparkan bagaimana cara promosinya.
1. Membuat Halaman Blog
Di dalam website, Anda bisa membuat halaman blog yang berisi berbagai artikel yang menarik dan bermanfaat.
Konten dalam artikel membahas berbagai topik yang berkaitan dengan produk yang Anda jual.
Jika website Anda berjualan berbagai alat kebutuhan rumah tangga, Anda bisa membuat artikel berisi ulasan wajan terbaik, microwave favorit, hingga koleksi piring cantik berbagai corak.
Jangan lupa untuk mencantumkan foto terbaik dan mencantumkan link untuk melakukan pembelian produk.
Artikel harus dibuat secara rutin agar website Anda semakin sering ditemukan oleh banyak orang.
2. Memasang Banner Promosi
Kami menyarankan Anda untuk memilih template website yang menyediakan space untuk memajang highlight foto maupun promosi.
Template yang demikian akan mempermudah konsumen mengenali produk terbaik Anda atau promosi terbaru yang sedang Anda jalankan.
3. Menampilkan Kupon Menarik
Ada trik yang cukup ampuh untuk memancing keinginan pelanggan untuk membeli produk Anda, yaitu dengan menampilkan pop-up kupon di halaman pertama website.
Kupon bisa berisi diskon untuk pembelian pertama, cash-back, kupon yang harus dikumpulkan dan lain sebagainya.
4. Membagikan Bonus Bersyarat
Anda bisa menawarkan kupon spesial, freebies, souvenir cantik, dan lain sebagainya dengan syarat mendaftarkan diri sebagai member brand Anda.
Data diri yang dimasukkan oleh pengunjung website saat proses pendaftaran merupakan data leads yang sangat penting bagi kegiatan promosi Anda.
5. Menggunakan Email Marketing
Setelah mendapatkan leads dari website, Anda bisa mengirimkan email blast untuk tetap terkoneksi dengan calon pelanggan potensial sambil menawarkan produk terbaru atau diskon spesial.
6. Menyambungkan dengan Sosial Media
Jangan lupa untuk menyambungkan website dan sosial media Anda agar dapat menjangkau jumlah audiens yang lebih banyak.
7. Menyelenggarakan Event di Website
Anda dapat menyelenggarakan kuis mingguan, bulanan, atau tahunan melalui halaman website.
Selain sebagai ajang promosi, kegiatan ini dapat digunakan untuk mempererat hubungan antara brand Anda dengan pelanggan.
Hubungan dengan pelanggan yang semakin baik akan meningkatkan loyalitas pelanggan.
Kuis bisa dibuat untuk personal maupun general.
Kuis yang bersifat personal akan sangat bermanfaat untuk mengumpulkan data leads tentang preferensi pribadi terhadap suatu produk.
Jadi kelak, penawaran yang diberikan bisa lebih mengena karena sesuai dengan karakter dan selera masing-masing leads.
Baca juga: Cara Dapat Uang Dari Blog Untuk Pemula
Segera Buat Website Bisnis Anda!
Setelah mengetahui cara promosi melalui website, kini saatnya membuat website impian Anda.
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat website adalah mencari nama domain terbaik yang bisa Anda gunakan.
Jika sudah dapat, Anda perlu mencari layanan hosting terbaik dengan uptime 99,99% dan pusat layanan bantuan 24/7.
Setelah itu, Anda tinggal menginstal CMS yang ingin digunakan dan memilih template website terbaik yang paling sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.
Namun perlu diingat, apapun upaya promosi yang Anda lakukan, hasilnya tidak bisa instan.
Semua model promosi memiliki lika-likunya yang harus dihadapi.
Selamat berbisnis dan semoga sukses!