Begitu banyak orang yang sudah sukses di bidang digital marketing, hingga Anda bertanya-tanya, apakah Anda bisa belajar digital marketing dengan membaca satu konten saja.
Meski model pemasaran digital marketing terbilang masih baru, tapi di masa pandemi seperti sekarang ini jenis pemasaran ini akan berkembang lebih besar. Oleh karena itu, penting untuk belajar mengenai digital marketing agar sesuai dengan perkembangan saat ini.
Apa itu Digital Marketing?
Pemasaran secara online atau yang biasa juga disebut digital marketing merupakan sebuah upaya pemasaran yang menggunakan alat-alat elektronik dan juga internet dengan macam-macam taktik marketing ketika Anda bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan calon pembeli secara online.
Digital marketing sendiri bisa diakses melalui website, media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Line Google Bisnisku, bahkan bisa diakses melalui sebuah blog. Akses-akses ini akan memudahkan para calon pembeli agar bisa melihat segala macam penawaran bisnis.
Digital marketing tidak bisa lepas dari iklan, email marketing, maupun brosur online yang bisa membuat para calon konsumen tertarik dengan produk yang ditawarkan oleh Anda.
Digital marketing bisa digunakan oleh bisnis apapun karena bisnis membutuhkan gambaran untuk identifikasi kebutuhan calon konsumen dan membuat sesuatu yang menarik bagi konsumen. Digital marketing berbeda dengan marketing agency.
Marketing agency adalah bidang yang bergerak dibidang jasa untuk mempromosikan sebuah brand tertentu. Sedangkan, digital marketing adalah melakukan pemasaran sebuah produk dengan media digital dengan tujuan menjangkau konsumen.
Cara Kerja Digital Marketing
Dua hal yang penting Anda tahu dalam belajar digital marketing, yaitu the scroller dan the searcher. The scroller adalah seseorang yang sedang bermain media sosial dan menemukan iklan dan penawaran Anda.
Sedangkan, the searcher adalah seseorang yang tertarik pada produk Anda dan mencarinya di internet. Ini penting untuk dipahami agar Anda bisa memilih strategi untuk digital marketing Anda.
Seorang pemilik bisnis digital marketing dituntut untuk memahami cara kerja dasar dari digital marketing. Agar Anda bisa memakai strategi yang tepat untuk menarik konsumen lebih banyak lagi. Cara kerja digital marketing mirip dengan strategi digital marketing itu sendiri:
Identifikasi Kebutuhan Pasar
Ini sangatlah penting agar produk yang Anda jual di dalam bisnis bisa dibeli oleh konsumen. Sangat percuma jika menjual produk yang sama sekali tidak dibutuhkan oleh orang banyak. Pastikan produk menjawab masalah yang sedang dialami konsumen.
Mulailah Pemasaran Digital Marketing dari Google
Menurut penelitian, 80% orang di dunia menggunakan Google. Supaya bisnis berjalan dengan mulus, Anda harus memikirkan kata kunci yang tepat agar bisa muncul di halaman Google. Gunakan keyword dengan frase kata yang banyak. Ini cocok untuk strategi marketing the scroller.
Gunakan Media Sosial untuk Promosi
Untuk strategi selanjutnya, Anda bisa menggunakan social media yang sedang digemari oleh banyak orang sebagai ajang promosi. Gunakan social media dengan tepat agar bisa meningkatkan kurva penjualan dan juga keuntungan bisnis.
Konsep Content Marketing yang Sifatnya Menjual
Sebuah riset yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa 7 dari 20 konsumen yang membaca mengenai publikasi konten akan merasa lebih percaya terhadap suatu bisnis. Lebih bagus lagi jika produk yang memiliki brand dan juga produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Ulasan-ulasan yang bagus juga memiliki pengaruh yang kuat. Ada banyak content marketing yang bisa dibuat. Gunakan kata-kata yang berpengaruh supaya bisa membuat calon pembeli merasa tertarik untuk membeli.
Gunakan Target Pemasaran yang Tepat
Tujuan dari target pemasaran adalah agar tempat yang sering dikunjungi oleh konsumen bisa terkoordinasi. Dengan begitu, Anda akan segera tahu mana bisnis yang berhasil dan mana yang tidak. Jangan lupa juga untuk selalu memantau harga konversi.
Panduan Belajar Digital Marketing
Setelah mengetahui definisi digital marketing, strategi dan juga cara kerjanya. Anda harus tau dari mana harus memulai strategi digital marketing. Jangan sampai salah strategi, agar kampanye digital tidak berakhir gagal.
Panduan belajar digital marketing yang tepat untuk pemula yang simple dan mudah dipahami ini bisa dipelajari:
SEO (Search Engine Optimization)
SEO adalah sebuah cara pengoptimalan website pada pencarian Google agar muncul dihalaman utama. Dengan konten yang berada dihalaman pertama Google, potensi pengunjung pada situs tersebut akan meningkat dengan signifikan. Hal ini juga memiliki kemungkinan besar jika produk Anda akan dilihat bahkan dibeli oleh konsumen.
SMM (Social Media Marketing)
SMM adalah sebuah kegiatan yang mempromosikan produk, barang, maupun jasa di media sosial menggunakan akun media social. Agar SMM bisa berhasil, Anda diharuskan untuk meriset kebutuhan pasar dan selera pengguna media sosial itu sendiri.
Email Marketing
Memanfaatkan email untuk penjualan harus dilakukan bila Anda masih seorang pemula. Ini dikarenakan email termasuk dalam interest dari produk atau jasa yang dijual dan juga agar lebih mudah dalam mendatabase email dari para konsumen Anda.
PCC (Pay Per Click)
Ini adalah cara yang paling diminati, karena pebisnis cukup membayar berdasarkan iklan yang diinginkan oleh konsumen. Cara ini lebih murah dari pada iklan model konvensional.