HomeEdukasiMekanisme Pengaduan Nasabah

Mekanisme Pengaduan Nasabah


pengaduan nasabah 2          Di dalam melaksanakan kegiatan usaha jasa perbankan, bank kadangkala tidak selalu dapat memenuhi harapan nasabah.

          Bila hal ini terjadi, bisa menimbulkan ketidakpuasan dan keluhan dari Nasabah. Keluhan tersebut dapat diadukan ke bank

          dan bank akan berupaya untuk memberikan solusi yang terbaik.

 

        Cara menyampaikan pengaduan ke Bank :

 

          1. Secara lisan

                 a. Melalui telepon, termasuk Call Center (pelayanan 24 Jam) yang disediakan oleh bank.

                 b. Datang ke cabang bank terdekat

 

          2. Secara tertulis

                 a. Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada bank, dengan cara diantar langsung, dikirim melalui

                     facsimile, atau melalui pos ke bank.

               b. Melalui e-mail atau website bank.

               c. Pengaduan secara tertulis wajib dilengkapi fotokopi identitas dan dokumen pendukung lainnya seperti:

                     - Bukti setoran atau penarikan

                     - Bukti transfer

                     - Rekening Koran, dan atau

                     - Dokumen lainnya yang berkaitan dengan transaksi yang dilakukan dan atau pengaduan yang akan disampaikan

 

          3. Perwakilan Nasabah

                                                                            

                                                                             Apabila pengaduan diajukan oleh Perwakilan Nasabah, maka selain dokumen di atas juga diserahkan

                                                                             dokumen lainnya yaitu :

                                                                      -  Fotokopi bukti identitas Nasabah dan Perwakilan Nasabah

                                                                      -  Surat Kuasa dari Nasabah kepada Perwakilan Nasabah yang menyatakan bahwa Nasabah memberikan 

                                                                         kewenangan bertindak untuk dan atas nama Nasabah

 

                                                                Jika Perwakilan Nasabah adalah lembaga atau badan hukum maka harus dilampiri dengan dokumen yang menyatakan

                                                                kewenangan dari pihak yang berwenang untuk mewakili lembaga atau badan hukum tersebut.

 

 

   Penerimaan Pengaduan oleh Bank

          a. Bank menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh Nasabah dan atau Perwakilan Nasabah baik secara lisan maupun tertulis.

          b. Bank memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat Nasabah dan atau Perwakilan Nasabah mengajukan pengaduan.

          c. Bank memberikan tanda terima, jika pengaduan diajukan secara tertulis.

          d. Seluruh kantor Bank dapat menerima pengaduan Nasabah.

 

    Bila penyelesaian pengaduan yang disampaikan oleh Bank masih belum memuaskan Nasabah?

     Dalam hal penyelesaian pengaduan yang terkait dengan kerugian finansial belum memuaskan Nasabah, maka dapat diselesaikan antara Nasabah dengan bank yang

     difasilitasi Bank Indonesia melalui Mediasi Perbankan.

Berita Bisnis

   
New York °C
Tokyo °C
  29.04.2017 Ferienhaus Ostsee

Hubungi Kami

(021) 5481877

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Wisma 77, Jl. Letjen. S. Parman Kav.77, Slipi